(Foto.beritajejaring.net)
BOGOR (BJN) - Sujatmiko Baliarto, A.TD.,MM., Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, terus benahi sistem pelayanan kepada masyarakat. Terutama, bidang kependudukan yang sangat dibutuhkan, guna kepentingan mendaftar sekolah dan kesehatan putra/putri pemohon.
Ia juga menjelaskan, saat ini kita masih dihadapkan dengan situasi pandemi. Namun, pelayanan harus tetap berjalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kependudukan yang kian hari semakin meningkat.
Selain itu, Sujatmiko Baliarto, A.TD.,MM., Kadisdukcapil Kota Bogotlr memaparkan, hadirnya layanan Drive Thru yang tidak lama lagi akan segera di operasikan, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat supaya mendapatkan dokumen kependudukan yang dibutuhkan.
"Ini untuk mempermudah, mempercepat layanan di masa Pandemi Covid-19 dan membahagiakan masyarakat", ujar Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto, A.TD.,MM., dalam keterangannya beberapa waktu lalu.
Terpisah: Kepada Mahmud Jawas awak media beritajejaring.net, Selasa 27/7/2021 Pukul 11.45 Wib. Dr. Windra Kurniawan Kabid Pendaftaran dan Pendataan Disdukcapil Kota Bogor mengatakan, sesuai arahan Sujatmiko Baliarto, A.TD.,MM., (Kadisdukcapil), saat ini layanan Drive Thru dalam tahap penyelesaian pembangunan infrastrukturnya, mulai dari membuat celukan, loket, memasang rambu petunjuk, marka jalan dan lainnya. Pihaknya menargetkan layanan Drive Thru Disdukcapil bisa selesai secepatnya. "Insya Allah dalam waktu dekat sudah bisa dioperasikan", ungkapnya.
Nantinya berbagai layanan dari aplikasi Si Kancil Berlari akan tersedia di Drive Thru, sebut saja layanan aktivasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), pengambilan KTP, KIA, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan sebagai pusat informasi.
Semua layanan yang bisa diambil ini ada di aplikasi Si Kancil Berlari. Jadi warga tidak perlu parkir, tidak perlu mengantri, langsung ke loket menunjukkan bukti di aplikasi, dan berkas bisa langsung diterima.
Harapannya, tidak lain agar masyarakat yang ada di Kota Bogor tidak perlu antri dan tidak sulit mendapatkan data yang diperlukan.
Hal serupa juga disampaikan Yanto, Pengawas Pelayanan Masyarakat, "hal yang sedang dipersiapkan Dinas Kependudiukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor, seluruhnya dalam tahap pembenahan. Semoga dalam watu dekat sudah bisa dioperasikan", katanya.
Ditempat yang sama, Indri Pengawas Pelayanan Loket/Counter memberikan keterangan yang sama, "sesuai arahan Sujatmiko Baliarto, A.TD.,MM., (Kadis), supaya memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Kota Bogor, sarana dan prasarana terus dibenahi. Sebab, kebutuhan masyarakat kian meningkat", pungkasnya.
Jurnalis: Mahmud Jawas
Editor: Muhamad Riky .R