-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Ramaikan Suasana Pernikahan dengan Lengser Adat Sunda

    Redaksi
    Sabtu, 23.7.22 WIB Last Updated 2022-07-23T08:20:43Z

    (Foto.beritajejaring.co.id)

    BOGOR (BJN) - Ada begitu banyak tradisi atau upacara adat yang muncul dan berkembang di daerah Jawa Barat, salah satu contoh yang sering dipakai dalam pesta pernikahan, yakni Lengser. Lengser ini perlu diketahui, dilestarikan dan dipelajari khususnya bagi masyarakat sunda. Sebab, ini merupakan aset budaya bangsa.
    Menurut Bah Yana, kata "Lengser" dalam bahasa sunda bisa diartikan sebagai kedekatan atau keakraban dengan rakyat dan tokoh, ini sangat melegenda dan bisa ditemukan di beberapa acara penting.

    Upacara adat merupakan tradisi yang dimeriahkan oleh aksi seorang tokoh bernama Bah Yana, pengurus Maung Bodas, diacara pernikahan. Sakilah Hoeuunawa (Ilah) dengan Abdul Goni (Goni) putri dari Bapak Dede Hoerudin dan Ibu Rohayanah, putra ke- 6 dari Bapak Udin Saefudin dan Ibu Enah Maryanah. Sabtu 23/7/2022, yang berlangsung di Gedung Bravo Hit Rt. 001/05 (Belong) Kelurahan Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

    Sajian upacara adat yang disajikan oleh Bah Yana dan rekan-rekan dengan atraksi tarian has sunda. Selain itu, para hadirin bisa melihat aneka kesenian khas daerah sunda seperti karawitan, bodoran, komedi dan lain-lain.

    Jurnalis: Mahmud Jawas (Abah)
    Editor: Muhamad Riky .R
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini