-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    BPJS Miliki Hubungan Erat dengan Jaminan Kesehatan Nasional

    Redaksi
    Selasa, 4.10.22 WIB Last Updated 2022-10-04T11:41:02Z

    (Foto.beritajejaring.co.id)

    BOGOR (BJN) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memiliki hubungan erat dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Adalah program pelayanan kesehatan dari pemerintah yang berwujud BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan juga sistemnya menggunakan sistem asuransi.

    Dengan adanya JKN ini, maka seluruh warga Indonesia berkesempatan besar untuk memproteksi kesehatan mereka dengan lebih baik dengan hanya menyisihkan sebagian kecil uangnya, maka mereka pun akan mampu menjadi peserta dan memperoleh manfaatnya.

    Bagaimana dengan masyarakat tidak mampu?, untuk mereka juga tidak perlu khawatir, karena semua rakyat miskin atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) akan ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Dari sini maka tidak ada alasan lagi bagi rakyat miskin untuk memeriksa penyakitnya ke fasilitas kesehatan.

    BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) sendiri adalah badan atau perusahaan asuransi yang sebelumnya bernama PT Askes yang menyelenggarakan perlindungan kesehatan bagi para pesertanya. Perlindungan kesehatan ini juga bisa didapat dari BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan transformasi dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Dari masing-masing definisi ini maka bisa disimpulkan bahwa perbedaan diantara keduanya ini adalah bahwa JKN merupakan nama programnya, sedangkan BPJS merupakan badan penyelenggaranya yang kinerjanya nanti diawasi oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).

    Selain itu, BPJS mandiri bisa dialihkan melalui PBI dengan syarat tertentu yang sudah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah, agar masyarakat bisa terlayani saat akan memeriksakan kesehatan di Rumah Sakit yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.
    Hal itu diungkapkan Julita, warga Kelurahan Bubulak Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, usai menghadap Sekar Puji Indriaswati Operator Dinas Sosial Kota Bogor, yang begitu jelas dan gamblang menguraikan tersebut diatas saat dirinya mengajukan proses reaktivasi BPJS PBI APBN anaknya yang beberapa waktu lalu non aktif.

    Selain itu, Julita menyebut bahwa, Sekar Puji Indriaswati  patut diacungi jempol, juga bisa ditiru cara pelayanan dan menjelaskan bisa langsung dimengerti oleh saya selaku pemohon reaktivasi BPJS PBI. Pungkasnya.

    Jurnalis: Oktiarsa .R
    Editor: Muhamad Riky .R
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini