-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Gelar Tahlil Doakan Arwah Julaeha Binti Ujang Abdulrahman

    Redaksi
    Minggu, 16.10.22 WIB Last Updated 2022-10-16T04:30:18Z

    (Foto.beritajejaring.co.id)

    BOGOR (BJN) - Tahlilan merupakan ritual pembacaan lafal tahlil yang lazim di masyarakat Nusantara sejak ratusan tahun lalu. Pembacaan tahlil biasa dilakukan oleh masyarakat dalam rangka mendoakan jenazah baru di makamnya, ahli kubur yang telah lama dimakamkan, dan mendoakan ahli kubur dalam peringatan 1-7 hari, 15 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari di rumah ahli musibah.

    Pembacaan lafal tahlil juga dilakukan oleh masyarakat pada peringatan haul, arwahan (ruwahan) di bulan ruwah, akhir Sya’ban, akhir Ramadhan, saat kumpul keluarga untuk arisan. Misalnya, selamatan perkawinan (walimahan), selamatan aqiqahan, walimatus safar, muludan, Isra dan Mi‘raj, selamatan Syura’an (malam 10 Muharram), selamatan tujuh bulan, khitanan, ziarah kubur setelah lebaran Idul Fitri, ratiban, manaqiban, barzanjian, dan lain sebagainya.
    Seperti saat ini Sutini, menggelar tahlil doakan ibu tercintanya bernama Julaeha Binti Ujang Abdulrahnam (80) tahun, yang wafat 15 hari lalu.

    Doa tersebut bersama kerabat tetangga terdekat, acara yang diadakan oleh Sutini berlangsung pada, Sabtu 15/10/2022 Ba'da  Ashar.

    Selain itu, Sutini mengucap terimakasih kepada seluruh yang hadir diacara yang digelar dikediamannya Rt. 001/001 Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.

    Harapannya, dengan telah di gelar tahlil untuk arwah almarhumah Ibu Julaeha Binti Ujang Abdulrahmah, menjadikan salah satu cahaya bagi almarhumah dan kita yang mendoakan mendapat berkah dari Allah SWT. Pungkasnya.

    Redaksi: Novel Ruchyadi
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini