-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Wisata Edukasi yang Menarik Hati Siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Bogor

    Redaksi
    Sabtu, 18.2.23 WIB Last Updated 2023-02-18T05:25:06Z

     


    BOGOR (BJN) - Wisata edukasi atau wisata pendidikan merupakan perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan didalamnya  terdapat aktivitas  pendidikan dengan mengunjungi  lingkungan alam, sejarah, dan multi budaya yang unik.


    Menurut, Gunarti  Sukriyatun, Kepsek Kota Bogor terkenal dengan  wisata  edukasinya  antara lain Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi, Museum Tanah, Museum PETA,  Museum Perjuangan, Museum Balai Kirti, Museum Sejarah Alam, Kampung Tematik Mulyaharja, Kuntum Farmfield, Kampung Budaya Sindang Barang, Kampung Batik Cibuluh, Kampung Horta, Danau Situgede.


    Ia, juga menjelaskan untuk lebih mengenal tempat-tempat  wisata  edukasi  tersebut,  siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Bogor. pada Kamis, 16/2/2023, mengunjungi  Agro Eduwisata Organik Mulyaharja  atau Kampung Tematik Mulyaharja,  Museum PETA, dan Danau  Situgede.


    Kunjungan pertama ke Museum Pembela Tanah Air (Museum PETA),  merupakan museum yang didirikan untuk memberikan penghargaan kepada mantan  tentara PETA atas kontribusinya dalam pendirian bangsa dan negara. Para siswa diharapkan mengetahui sejarah dan  gambaran perjuangan kemerdekaan Indonesia.


    Berikutnya, kunjungi Kampung Tematik  Mulyaharja yang berlokasi di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan. Kota Bogor



    Pariwisata unggulan terletak  pada bentangan sawah yang luas, berlatar  Gunung Salak dengan padi organik sebagai ikonnya. Para siswa sangat bersemangat dan bergembira saat  mempraktikkan bercocok tanam di sawah.


    Kepada Oktiarsa, awak media beritajejaring.co.id, Gunarti Sukriatun, Kepsek SMP Negeri 14 Kota Bogor mengatakan, wisata  edukasi terakhir adalah Danau Situgede. 



    Siswa-siswi dapat menikmati kesejukan hutan dan pemandangan  danau  yang  indah.  Danau dan hutan ini pun kerap digunakan  sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron. Sebuah Telaga yang mempunyai luas  kurang lebih 6 haktare itu, menyediakan area berperahu, memancing, dan kesejukan hutan, sehingga  menjadi  tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Danau situgede yang sangat berdekatan dengan wilayah hutan Cifor ini diresmikan pada , Kamis 19 Januari oleh Gubernur Jawa Barat, M.Ridwan Kamil.


    Dia menyebutkan wisata  edukasi ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran kontekstual , sehingga para siswa  dapat mengenal budaya  lokal,  menghargai jasa para pahlawan,  lebih mencintai  lingkungan, dan menambah pengetahuan  baru. Pungkasnya 



    Jurnalis : Oktiarsa 

    Editor     : Deri 

    Redaksi : Novel Ruchyadi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini