-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    HMI MPO Bogor Gelar Aksi Unjuk Rasa Evaluasi 10 Tahun Kepemimpinan Presiden Joko Widodo

    Redaksi
    Senin, 29.7.24 WIB Last Updated 2024-07-29T13:01:14Z



    BOGOR (BJN) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO Bogor  menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Raya Sudirman, Bogor Tengah. bertujuan untuk mengevaluasi 10 tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo.


    " Selama 10 tahun masa kepemimpinan Joko Widodo, berbagai kebijakan yang mempengaruhi  kehidupan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia  menjadi sorotan penting. Jokowi, yang menjabat  sebagai presiden ke-7 Indonesia, telah memimpin  selama dua periode sejak 20 Oktober 2014," dikatakan Sirham selaku Koordinator Aksi dari HMI MPO Bogor pada Senin, 29 Juli 2024.



    Namun kata Sirham, kebijakan-kebijakan yang ditetapkan  melalui  para menterinya seringkali dianggap mengabaikan kepentingan masyarakat sipil. Hal ini terbukti dengan banyaknya konflik yang melibatkan rakyat dengan birokrasi dan korporasi.


    " Banyak pihak awalnya menganggap naiknya Joko Widodo ke tampuk kekuasaan sebagai kemenangan rakyat biasa. Jokowi dipandang oleh mayoritas pemilih Indonesia memiliki peluang lebih besar untuk menjauhkan republik ini dari bayang-bayang Orde Baru yang korup dan otoriter. Optimisme ini tercermin dari laporan Economic Intelligence Unit, di mana skor demokrasi Indonesia pada tahun 2014 naik tipis menjadi 7,03 dari sebelumnya 6,94," terangnya pada Senin 29/7/2024.



    Lebih lanjut ia menjelaskan, sembilan tahun kemudian, peringkat demokrasi Indonesia merosot menjadi 56 dengan skor 6,53. Nilai kebebasan sipil juga terjun bebas ke angka 5,29. Pemilu 2024 dianggap sebagai pemilu paling brutal dan buruk setelah reformasi, ditambah dengan tuduhan bahwa Jokowi berperan dalam memenangkan anaknya sebagai wakil presiden RI 2024.


    " Pada awal periode keduanya, Joko Widodo dan para politikus di Senayan mengamandemen Undang-Undang Mahkamah Konstitusi secara kilat. Perlahan tapi pasti, Jokowi  dianggap  memutar balik demokrasi dan menggerus capaian reformasi 1998. Langkah pertama adalah mengkonsolidasikan partai politik agar koalisi pendukung pemerintah menjadi mayoritas di Dewan Perwakilan  Rakyat Indonesia. Di akhir periode pertamanya, KPK dilemahkan melalui undang-undang tersebut. Perlemahan juga dilakukan dengan mengusulkan calon pimpinan KPK yang dinilai tidak berintegritas," tegasnya.



    Menurut laporan dari Tempo, yang mengadakan forum dengan para ahli hukum, ekonom, pengamat politik, pembela hak asasi manusia, dan aktivis lingkungan, pengukuhan dinasti politik, perlemahan terhadap KPK, mempersempit ruang kebebasan sipil, hingga memaksakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) menjadi faktor utama penurunan demokrasi di era Joko Widodo.


    Menanggapi situasi ini, HMI MPO Cabang Bogor maka menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Presiden sebagai bentuk kritik dan evaluasi serta untuk menginformasikan masyarakat terkait permasalahan ini. Mereka menyampaikan dua tuntutan utama:


    1. Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia bertanggung jawab atas carut-marutnya lembaga pemerintahan yang ada di Indonesia.

    2. Meminta Joko Widodo bertaubat sesegera mungkin.


    Aksi demonstrasi ini menjadi wujud nyata dari kekecewaan sebagian masyarakat terhadap kepemimpinan Joko Widodo dan menegaskan pentingnya evaluasi terhadap kebijakan yang telah ditetapkan selama ini.


    Redaksi : Novel Ruchyadi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini